Minggu, 29 Agustus 2010

TOPOLOGI JARINGAN ( NETWORKING TOPOLOGY )

Dalam bahasa Indonesia:


TOPOLOGI
Topologi adalah suatu aturan bagaimana menghubungkan computer satu dengan computer yang lain secara fisik dan pola hubungan antara komponen-komponen yang berkomunikasi melalui perantara jaringan.

Macam-Macam Topologi Jaringan :


1. Topologi Bus

Jaringan yang menggunakan topologi ini dapat dikenali dari penggunaan sebuah kabel backbone (kabel utama) yang menghubungkan semua peralatan jaringa. Karena kabel backbone menjadi satu-satunya jalan bagi lalu lintas data maka apabila kabel backbone rusak atau terputus akan menyebabkan jaringan mati total.. Topologi ini awalnya menggunakan kabel Coaxial sebagai media pengantar data dan informasi. Tapi pada saat ini topologi ini di dalam membangun jaringan komputer dengan menggunakan kabel serat optik ( fiber optic) akan tetapi digabungkan dengan topologi jaringan yang lain untuk memaksimalkan performanya.

Kelebihan :
Ø Instalasi jaringan Bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas 5-7 komputer.
Ø Pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain
Kekurangan :
Ø Kesulitan yang sering dihadapi adalah kemungkinan terjadinya tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana dan jika salah satu node putus maka akan mengganggu kinerja dan trafik seluruh jaringan.
Ø Bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.

2. Topologi Star
Topologi bintang atau yang lebih sering disebut dengan topologi star. Pada topologi ini kita sudah menggunakan bantuan alat lain untuk mengkoneksikan jaringan komputer. Contoh alat yang di pakai disini adalah hub, switch, dll. Pada gambar jelas terlihat satu hub berfungsi sebagai pusat penghubung komputer-komputer yang saling berhubungan. Keuntungan dari topologi ini sangat banyak sekali diantaranya memudahkan admin dalam mengelola jaringan, memudahkan dalam penambahan komputer atau terminal, kemudahan mendeteksi kerusakan dan kesalahan pada jaringan. Tetapi dengan banyak nya kelebihan bukan dengan artian topologi ini tanpa kekurangan. Kekurangannya diantaranya pemborosan terhadap kabel, kontol yang terpusat pada hub terkadang jadi permasalahan kritis kalau seandainya terjadi kerusakan pada hub maka semua jaringan tidak akan bisa di gunakan.

Kelebihan :
Ø Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
Ø Tingkat keamanan termasuk tinggi.
Ø Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
Ø Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
Kekurangan :
Ø Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti.
Ø Boros kabel

3. Topologi Ring
Topologi cincin atau yang sering disebut dengan ring topologi adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. Dengan artian setiap komputer yang terhubung kedalam satu jaringan saling terkoneksi ke dua komputer lainnya sehingga membentuk satu jaringan yang sama dengan bentuk cincin. Adapun kelebihan dari topologi ini adalah kabel yang digunakan bisa lebih dihemat. Tetapi kekurangan dari topologi ini adalah pengembangan jaringan akan menjadi susah karena setiap komputer akan saling terhubung.

Kelebihan :
Ø Kabel yang digunakan bisa lebih dihemat.
Kekurangan :
Ø Pengembangan jaringan akan menjadi susah karena setiap komputer akan saling terhubung.

4. Topologi Tree
Topologi pohon atau di sebut juga topologi hirarki dan bisa juga disebut topologi bertingkat merupakan topologi yang bisa di gunakan pada jaringan di dalam ruangan kantor yang bertingkat. Pada gambar bisa kita lihat hubungan antar satu komputer dengan komputer lain merupakan percabangan dengan hirarki yang jelas.sentral pusat atau yang berada pada bagian paling atas merupakan sentral yang aktif sedangkan sentral yang ada di bawahnya adalah sentral yang pasif.

5. Topologi Mesh
Topologi mesh dapat dikenali dengan menghubungkan point to point atau satu-satu ke setiap computer. Topologi ini bisa menggunkan kabel coaxial, twisted pair atau fiber optic. Pada topologi mesh tiap komputer terhubung langsung dengan komputer lain (peer to peer). Setiap komputer mempunyai jalur sendiri-sendiri dengan komputer lain, sehigga tidak akan terjadi collision domain.Topologi ini jarang sekali digunakan karena sangat boros kabel dan jika komputer yang digunakan banyak maka instalasi kabel jaringan rumit.

Kelemahan :
penggunaan ethernet dan kabel yang banyak sehingga dibutuhkan dana yang besar.Kelebihan topologi mesh
Keuntungan :
apabila ada salah satu jalur pada komputer putus, komputer masih dapat berhubungan dengan jalur yang lain.

In English language:

Topology
Topology is a rule of how to connect computers to each other computer and the pattern of physical relationships between components that communicate through an intermediary network.

Various Network Topology :

1. Bus Topology
Network using this topology can be identified by the use of a backbone cable (main cable) that connects all network equipment. Because the backbone cable to be the only way for the data traffic if the backbone cable broken or disconnected will cause tissue to die total .. Topology was originally used as a medium Coaxial cable delivery of data and information. But at this moment this topology in a computer network using fiber-optic cable (fiber optic) but combined with other network topologies to maximize performance.

Pros :
Ø Installation Bus network is very simple, inexpensive and a maximum of 5-7 computers.
Ø Development of a network or the addition of new workstations can be done easily without disturbing the other workstations
Disadvantages :
Ø The difficulty most frequently encountered is the possibility of data collisions because the mechanism is relatively simple network and if one end node will interfere with the performance and traffic throughout the network.
Ø If there is interference along the center of the entire cable network will be susceptible to interference.

2. Star Topology
Or star topology is more often called star topology. In this topology we have to use another tool to help connect the computer network. Examples of tools in use here is the hub, switch, etc.. Clearly visible in the figure serves as a central hub connecting the computers that are interconnected. The advantage of this topology so many of them easier to manage the network admin, allows the addition of a computer or terminal, ease of detecting defects and errors in the network. But with its many advantages in terms of topology is not without shortcomings. The downside of cable waste including, dick hub centered on the critical issues at times so that in case of damage to the hub, all networks will not be in use.

Pros :
Ø Damage to one channel will affect only the channel network and the station adrift.
Ø High level of security included.
Ø Resistant to traffic of a busy network.
Addition and subtraction Ø station can be done easily.
Disadvantages :
Ø If the node was damaged, the whole network is interrupted.
wasteful Ø cable

3. Ring Topology
Or ring topology is often called a ring topology is a network topology where each computer connected to a circle. With a sense of each computer that is connected into a network of inter-connected to two other computers to form a network similar to the form of a ring. The advantages of this topology is the cable used can be more conserved. But the lack of this topology is a network development will be difficult because each computer will be connected to each other.

Pros:
Ø cable used can be more conserved.
Disadvantages :
Ø Development of the network will be difficult because each computer will be connected to each other.

4. Tree Topology
Topology tree or hierarchical topology is also called, and could also be called multilevel topology is the topology that can be used on the network in the storied office. In the picture we can see the relationship between one computer to another computer with a branching hierarchy or clear. central center located at the very top is the active central core whereas there is beneath the passive central.

5. Mesh Topology
Mesh topology can be identified by connecting point-to-point or one-one to each computer. These topologies can using coaxial cable, twisted pair or fiber optic. In a mesh topology each computer is connected directly to another computer (peer to peer). Each computer has its own path with another computer, so, collision will not happen this domain. Topologi rarely used because it is very wasteful if the computer cables and used a lot of the complex network cable installation.

Weakness :
the use of ethernet and cable much needed funds so that big. Pros mesh topology
Benefits :
if there is one break point on the computer, the computer can still connect with other lines.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar