Sabtu, 01 Mei 2010

Menebak sifat Remaja dari Ulah tangannya

    Hy guys, nice I can see you again... hmmb.. berhubung hari ini Lisa lagi suntuk, so lisa pengen bagi-bagi ilmu yang ringan aja ni..
 Pengen tahu gak?
Kalau pengen tahu corat-coretannya Lisa kayak apa tentang  Menebak sifat Remaja dari Ulah tangannya baca aja selengkapnya..
 But, jika kamu males baca, no problem.. Lisa nggak marah kok..
Okey guys,to the point aja yah...


1. Yang melipat rapi kedua tangannya bila pelajaran berlangsung, biasanya orangnya pendiam and tertutup.. but,mereka sangat menghargai orang lain..


2. Yang mencolek-colek dan menarik-narik rambut ketika guru tengah menerangkan, orangnya humoris and terbuka dan apa adanya


3. Yang suka melempar-lempar barang-barang (gak termasuk benda-benda berat kayak meja, kursi, barbel,and benda berat laennya lho,friend..) sementara temanmu tengah tekun mendengarkan, biasanya orangnya pengen tahu tentang rahasia kamu and jago banget ngegossip.. Tapi buat kamu yang suka gini gak papa, pasti kalian orangnya bertanggung jawab.


4. Yang suka menopang dagu
 Nah, ini orang biasanya sentimentil and gampang buat di pengaruhi, tapi biasanya orang yang kayak gini juga banyak temennya.'Cause biasanya orang yang suka bertopang dagu suka banget dengerin curhat-curhat dari temen-temennya


5. Yang suka menggigit-gigit pensil atau pena
Termasuk seorang pemboros, pandai bersolek,berpenampilan anggun,tapi dalam menyimpan rahasia kurang begitu rapi,pandai memikat hati pujaannya (Lho, kok Lisa mpe situ ya?! hihihihihi.. gak papa ya friend..namanya aja anak muda..)

6. Yang suka mencoret-coret bangku atau buku
Biasanya tuh orang berprinsip, yg penting adalah kepribadian dan bukan pakaian,harta ,cenderung pendiam dan mudah tersinggung

  Hayoo guys, tipe kamu yang mana nih?! Elis kasih teu ya... ya.. ya... 

Sejarah Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.


Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."

Komputer yang kita gunakan sekarang ini tidak serta merta muncul begitu saja melainkan melalui proses yang panjang dalam evolusinya. Hal ihwal munculnya komputer mungkin dapat dilihat dalam kilas balik sejarah sejak digunakannya Abacus – ditemukan di Babilonia (Irak) sekitar 5000 tahun yang lalu – sebagai alat perhitungan manual yang pertama, baik di lingkup sekolah maupun kalangan pedagang, saat itu. Pada periode selanjutnya telah banyak ditemukan alat-alat hitung mekanikal sejenis yaitu Pascaline yang ditemukan oleh Blaine Pascal pada tahun 1642, Arithometer oleh Charles Xavier Thomas de Colmar pada tahun 1820, Babbage’s Folly oleh Charles Babbage pada tahun 1822, dan Hollerith oleh Herman Hollerith pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya tanpa tenaga listrik. Ukuran dan kerumitan strukturnya berdasarkan atas tingkat pengoperasian perhitungan yang dilakukan. Barulah pada tahun 1940, era baru komputer elektrik dimulai sejak ditemukannya komputer elektrik yang menerapkan sistem aljabar Boolean.

Perkembangan teknologi komputer yang dijabarkan di bawah ini di bagi atas empat generasi berdasarkan atas komponen-komponen yang digunakannya, mulai dari yang berukuran “big” hingga mikro yang sejalan juga dengan kerumitan komponennya.

Generasi Pertama
Saat ini merupakan jamannya komputer-komputer raksasa, seperti Z3, Colossus, ENIAC, EDVAC, EDSAC, UNIVAC I. Karakteristik komputer pada zaman ini ditandai dengan ukurannya yang hampir sebesar kamar tidur, mengunakan tube vakum dengan jumlah yang amat banyak untuk menyimpan dan memproses perintah atau instruksi, memakan tenaga listrik ribuan watt, menggunakan bahasa mesin dan hanya dapat digunakan oleh orang yang terlatih. Jadi, orang awam tidak akan dapat menggunakannya sehingga komputer jenis ini belum dikomersialisasikan ke khalayak ramai. Hanya perusahaan-perusahaan besar, institusi pendidikan dan instansi pemerintah yang menggunakannya.


Generasi Kedua
Jaman ini dimulai dengan pemakaian transistor dan dioda sebagai pengganti dari tube vakum sehingga sizenya lebih kecil dibandingkan generasi pendahulunya. Penemuan lainnya yaitu penggunaan memori inti magnetik yang berfungsi menyimpan data, sehingga lebih cepat dalam pemrosesan data, serta bahasa mesin telah digantikan dengan bahasa assembly (Fortran dan Cobol) yang memudahkan dalam pengoperasiannya. Beberapa contoh komputer pada masa ini, yaitu Stretch, LARC, DEC PDP-8, IBM 1401, IBM 7090 dan IBM 7094.


Generasi Ketiga
Era baru komunikasi komputer mulai menapakkan kakinya pada momentum ini. Sebagian besar perusahaan-perusahaan besar menerapkan sistem on-line dengan menggunakan terminal jarak jauh dalam pemakaian komputer (baca : on-line). Teknologi ini tentunya didukung pula oleh kinerja komputer yang semakin baik dari segi penggunaan hardware maupun software. Penemuan baru di bidang hardware dilakoni dengan munculnya IC (Integrated Circuit) dalam komponen komputer. Karena kelebihannya dalam menyatukan berbagai komponen-komponen dalam suatu chip tunggal sehingga komputer pada saat itu ukuran komputer menjadi semakin kecil tanpa menurunkan kinerja yang dihasilkan, bahkan semakin meningkatkan kinerjanya. Pada bagian software, teknik-teknik pemrograman jamak (Multi Programming) mulai dikembangkan sehingga makin menambah koleksi berbagai bahasa pemrograman yang ada. Cray-1, UNIVAC 90/30 dan IBM 360 adalah beberapa contoh komputer pada generasi ini.


Generasi Keempat
Seiring dengan lajunya waktu perkembangan komputer sebagai alat pemrosesan data semakin meningkat pesat terutama pada generasi ini. Kecepatannya yang semakin bertambah berbanding terbalik dengan ukurannya yang semakin kecil dengan didukung oleh kemampuan memori yang lebih besar. Harganya pun semakin murah disebabkan oleh karena komponen-komponennya telah diproduksi dan dijual secara missal. Pada periode ini berbagai IC disatukan menjadi satu kesatuan membentuk komponen yang disebut dengan VLSI (Very Large Scale IC). Penggunaan perangkat lunak yang semakin mudah dan berkembang mulai diterapkan pada komputer-komputer rumahan, seperti word processing dan spreadsheet. Jaringan internet pun makin luas yang dahulunya hanya dinikmati oleh kelompok-kelompok elite kini sudah bisa digunakan juga oleh masyarakat awam. Penggunaan mikroprosessor kini tidak mutlak lagi digunakan hanya pada komputer melainkan sudah diaplikasikan pada produk-produk elektronik lainnya, seperti televisi dan microwave. Melihat perkembangan dunia komputer yang tingkat pertumbuhannya sangat tinggi mulai dari generasi awal hingga sekarang ini dapat kita prediksikan bagaimana karakteristik komputer pada generasi mendatang. Mungkin saja, komputer nantinya tidak harus terus didikte oleh manusia tetapi ia sudah dapat melakukan segala sesuatunya sendiri. Boleh dikata kemampuannya sudah menyerupai kepandaian manusia. Kemampuan seperti itu (Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelegence) kini aktif diteliti oleh negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat.


     Empat generasi komputer secara umum :
  1. Mainframe,yaitu komputer berukuran besar yang biasanya digunakan sebagai pusat data karena kapasitasnya yang sangat besar
  2. Minicomputer,yaitu komputer yang ukurannya lebih kecil daripada mainframe yang biasanya dijadikan sebagai pusat terminal komputer di dalam suatu ruangan
  3. Workstation,merupakan komputer yang memiliki suatu aplikasi tertentu untuk menyelesaikan suatu pemasalahan
  4. Microcomputer atau sering disebut dengan PC (Personal Computer),yaitu komputer yang hanya dapat di gunakan satu pengguna dalam satu waktu.
     Tiga jenis komputer berdasarkan data yang diolah:
  • Komputer Analog, yaitu komputer yang digunakan untuk mengolah data yang bersifat analog. Misalnya suhu, kecepatan suara, kekuatan gempa,dll
  • Komputer digital, adalah komputer yang digunakan untuk menolah data yang bersifat digital atau kuantitatif (seperti angka dan huruf)
  • Komputer hybrid, merupakan komputer yang digunakan untuk mengolah data yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif.
Komputer memiliki tiga komponen,yaitu :

    a. Hardware
Yaitu perangkat pada komputer yang dapat dilihat secara fisik oleh manusia yang mendukung kinerja komputer. Jenis hardware pada komputer adalah sebagai berikut:
  • Hardware input, yaitu perangkat yang digunakan untuk memasukkan data pada komputer. Contohnya keyboard,mouse, scanner, track ball,dll
  • Hardware Proses, merupakan perangkat yang digunakan untuk pemrosesan pada komputer,misalnya processor,RAM,ROM,VGA Card,dll
  • Hardware output, adalah perangkat keluaran yang digunakan untuk menampilkan hasil olahan informasi dari komputer.Sebagai contoh adalah monitor, speaker, printer,dll
   b. Software
Adalah sekumpulan perintah berupa program yang dieksekusikan oleh mesin dalam sistem komputer. Jenis-jenis Software:
  1. Perangkat Lunak Sistem,yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur dan memberi perintah alat-alat pada sistem komputer. Jenis perangkat lunak sistem: 
  • Sistem Operasi,yaitu perangkat lunak yang di rancang untuk mengendalikan dan mengkoordinasi kegiatan sistem operasi. Contohnya adalah windows, DOS, UNIX, LINUX,dll
  •  Bahasa Pemrograman, yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk mengkonfersikan algoritma ke dalam format yang bisa di jalankan oleh komputer,misalnya Fortran,Cobo,Algol,dll
  • Utility Software, perangkat lunak yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu,misalnya Disk Optimizer, Norton Utility, Diaguare Test,dll
     2. Program Aplikasi, yaitu program yang dirancang untuk menyelesaikan suatu aplikasi tertentu,misalnya          program pengolah angka (ms excel), program pengolah kata (ms. word), program grafi (Corel Draw).


   c.  Brainware,adalah aspek manusia yang menjalankan komputer, contohnya programmer, Entry Data Operator, System Analyst,dll.